Kompas.com - 26/07/2016, 06:00 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Sampah merupakan barang yang memiliki dua sisi berbeda; bila dibiarkan dan tidak dikelola maka akan menjadi masalah, bila dikelola dengan baik dan kreatif maka akan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit.

Bermula dari rasa kesal dan gemas melihat banyaknya sampah, Yeni Mulyani Hidayat, seorang wanita asal Cianjur, Jawa Barat, terjun menekuni bidang daur ulang sampah rumah tangga.

Mulai dari botol plastik, bungkus kopi, botol minuman ringan, koran bekas, hingga kaleng bekas pun ia kumpulkan hingga menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

"Awalnya dari kesal melihat sampah, gemes melihat sampah di jalanan, jadi saya di mana pun, ke mana pun, kalau melihat sampah pasti saya ambil. Orang pada bilang saya gila, pemulung, tetapi saya bangga," ucap Yeni kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (25/7/2016).

Terkait omzet per bulan, Yeni mengungkapkan, dirinya bisa meraup hingga puluhan juta. Hal ini ia peroleh dari hasil penjualan daur ulang sampah.

"Sebulan sekitar Rp 20 juta kalau keseluruhan termasuk pelatihan. Yang jelas duit dari sampah itu enak, nggak keluarin modal banyak," ujarnya.

Dari sampah yang ia kumpulkan, perlahan ia mendaur ulang sampah sebagai karya kerajinan tangan, mulai dari tas wanita, jam dinding, kotak tisu, toples permen, hingga piring koran.

Niat kerja keras dan spiritnya pun tak sia-sia. Perlahan hasil jerih payahnya dan kreativitasnya yang tinggi mulai dilirik orang.

Seiring waktu, pesanan terus membanjiri usahanya, dan dirinya pun mengajak 4 rekan lainnya untuk bergabung bersamanya.

Bersama keempat temannya, Yeni mendirikan "Bank Sampah My Darling" di daerah Halimun, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.