Ini Prioritas Kerja Menkeu Anyar Sri Mulyani dalam Waktu Dekat

Kompas.com - 28/07/2016, 06:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Sri Mulyani telah resmi menjabat sebagai Menteri Keuangan di dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Di hari pertamanya menjabat sebagai menteri, Ani sapaan Sri Mulyani, langsung menyampaikan prioritas kerja yang akan ia lakukan dalam waktu dekat.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu akan memprioritaskan penyusunan anggaran pemerintah pada APBN 2017.

Saat ini, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terus gencar menyusun anggaran tersebut.

"APBN adalah instrument untuk menstimulasi ekonomi dan sekaligus memperbaiki pondasi perekonomian," ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Ia akan segera berkoordinasi dengan seluruh kementerian dan lembaga terkait penyusunan APBN 2017.

Perempuan berusia 53 tahun itu ingin adanya sinkronisasi antara APBN dengan kebijakan yang disusun oleh Kementerian Koordinator.

Ia yakin, sinkronisasi APBN sebagai instrumen fiskal akan mampu efektif mencapai tujuan pemerintah mulai dari pengentasan kemiskinan, menyediakan kesempatan kerja, mendorong ekonomi, meningkatkan kesejahteraan, hingga memperkecil kesenjangan.

"Jadi kebijakan fiskal adalah kebijakan yang bukan berdiri sendiri secara ekslusif. Tapi alat sebagai bagian dari kebijakan ekonomi pada umumnya," kata Sri Mulyani Dalam waktu dekat,

Sri Mulyani juga akan melihat susunan anggaran yang sudah diberi oleh pendahulunya, Bambang Brodjonegoro. Sebisa mungkin, ia akan memaksimalkan apa yang sudah disusun.

Kompas TV Perempuan dalam Kuasa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.