Laba Bersih Sektor Bisnis Jasa Keuangan Grup Astra Terkoreksi 40 Persen

Kompas.com - 28/07/2016, 19:15 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Laba bersih bisnis jasa keuangan grup Astra menurun sebesar 40 persen menjadi Rp 1,25 triliun pada semester I 2016 dari Rp 2,08 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan keuangan yang dirilis perseroan, PT Astra Sedaya Finance yang fokus pada pembiayaan roda empat mencatat penurunan laba bersih sebesar 15 persen menjadi Rp 430 miliar.

Sementara itu, perusahaan pembiayaan roda empat lainnya, PT Toyota Astra Financial Services, mencatat peningkatan laba bersih sebesar 8 persen menjadi Rp 155 miliar.

FIF yang fokus pada pembiayaan roda dua mencatat kenaikan laba bersih sebesar 22 persen menjadi Rp 811 miliar, yang diuntungkan dari kenaikan pangsa pasar dan diversifikasi produk.

Total pembiayaan yang dikucurkan oleh grup pembiayaan alat berat turun 11 persen menjadi Rp 1,9 triliun.

PT Surya Artha Nusantara Finance (SANF) yang memiliki spesialisasi di pembiayaan alat berat kelas kecil dan menengah melaporkan penurunan laba bersih sebesar 46 persen menjadi Rp 43 miliar.

PT Permata Bank, yang 44,6 persen sahamnya dimiliki oleh perseroan, mencatat kerugian bersih sebesar Rp 836 miliar dibandingkan dengan laba bersih sebesar Rp 837 miliar pada semester pertama 2015.

Penurunan ini disebabkan oleh kenaikan signifikan dari provisi kerugian atas pinjaman yang diberikan akibat peningkatan kredit bermasalah menjadi 4,6 persen dari 2,7 persen pada akhir tahun lalu.

Dalam rangka memperkuat permodalannya, Permata Bank menyelesaikan rights issue pada bulan Juni, yang menghasilkan dana senilai Rp 5,5 triliun.
 
Perusahaan grup asuransi, PT Asuransi Astra Buana, mencatat penurunan laba bersih sebesar 17 persen menjadi Rp 407 miliar, terutama disebabkan oleh penurunan keuntungan dari investasi.

Perusahaan patungan bersama asuransi jiwa antara Astra International dan Aviva Plc, Astra Aviva Life, telah berhasil menambah lebih dari 50.000 nasabah asuransi jiwa perorangan dan lebih dari 100.000 nasabah asuransi untuk program kesejahteraan karyawan selama semester pertama tahun 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.