Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Agustus Nanti, Menteri Susi Siap Tenggelamkan 71 Kapal

Kompas.com - 01/08/2016, 13:24 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menenggelamkan 71 kapal pada 17 Agustus 2016. Pada hari itu, umur republik tepat 71 tahun.

Menurut Susi, kapal-kapal yang akan ditenggelamkan pada Hari Kemerdekaan Indonesia itu merupakan kapal pelaku illegal fishing.

"Penenggelaman dilakukan di delapan lokasi," ujar Susi saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (1/8/2016).

Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat itu menuturkan, penenggelaman 71 kapal illegal fishing tidak akan menggunakan bahan pelacak melainkan hanya membuka keran air pada kapal sehingga kapal tersebut tenggelam dengan sendirinya.

Menurut Susi, hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah ingin menjadikan bangkai kapal tersebut sebagai rumpon atau karang bauatan tempat berkumpulnya ikan.

Selain itu, Susi juga berencana akan menjadikan 5 kapal illegal fishing menjadi monumen perlawanan kepada para palaku illegal fishing.

Rencananya 5 kapal tersebut akan ditempatkan di Pangandaran, Jawa Barat. Hanya saja, Susi mengatakan bahwa monumen tersebut tidak akan ditempatkan di laut melainkan di darat.

Sebelumnya, Susi juga sudah menjadikan kapal illegal fishing berukuran besar menjadi monumen di Pangandaran.

Kompas TV Memberantas Illegal Fishing- Satu Meja Eps 128 Bagian 3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com