17 Agustus Nanti, Menteri Susi Siap Tenggelamkan 71 Kapal

Kompas.com - 01/08/2016, 13:24 WIB
Penenggelaman kapal KFH 1868, kapal pencuri ikan berbendera Malaysia yang berukuran 85 GT.  Pemusnahan dilakukan oleh LANTAMAL I Belawan. Dokumentasi LANTAMAL I BelawanPenenggelaman kapal KFH 1868, kapal pencuri ikan berbendera Malaysia yang berukuran 85 GT. Pemusnahan dilakukan oleh LANTAMAL I Belawan.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menenggelamkan 71 kapal pada 17 Agustus 2016. Pada hari itu, umur republik tepat 71 tahun.

Menurut Susi, kapal-kapal yang akan ditenggelamkan pada Hari Kemerdekaan Indonesia itu merupakan kapal pelaku illegal fishing.

"Penenggelaman dilakukan di delapan lokasi," ujar Susi saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Senin (1/8/2016).

Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat itu menuturkan, penenggelaman 71 kapal illegal fishing tidak akan menggunakan bahan pelacak melainkan hanya membuka keran air pada kapal sehingga kapal tersebut tenggelam dengan sendirinya.

Menurut Susi, hal tersebut dilakukan lantaran pemerintah ingin menjadikan bangkai kapal tersebut sebagai rumpon atau karang bauatan tempat berkumpulnya ikan.

Selain itu, Susi juga berencana akan menjadikan 5 kapal illegal fishing menjadi monumen perlawanan kepada para palaku illegal fishing.

Rencananya 5 kapal tersebut akan ditempatkan di Pangandaran, Jawa Barat. Hanya saja, Susi mengatakan bahwa monumen tersebut tidak akan ditempatkan di laut melainkan di darat.

Sebelumnya, Susi juga sudah menjadikan kapal illegal fishing berukuran besar menjadi monumen di Pangandaran.

Kompas TV Memberantas Illegal Fishing- Satu Meja Eps 128 Bagian 3
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.