Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Punya Prospek Bagus, Astra Tak Berniat Lepas Bank Permata

Kompas.com - 02/08/2016, 13:48 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Internasional Tbk (ASII) tidak berencana melepas PT Bank Permata Tbk meski saat ini bank tersebut tengah menghadapi kondisi yang kurang menguntungkan.

Direktur PT Astra Internasional Tbk (ASII) Gunawan Geniusahardja mengatakan, saat ini rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) di level 4,6 persen, atau sedikit di bawah ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 5 persen.

"Kami tidak lepas. Bank Permata jangka panjangnya masih akan bagus. Lagi pula batas OJK NPL 5 persen itu kan secara nett, kalau yang 4,6 itu kan gross, nett masih di bawah 3 persen lah," ujar Gunawan di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Gunawan juga optimistis NPL Bank Permata masih bisa diperbaiki, mengingat kondisi perekonomian saat ini yang sedang dalam kondisi bergerak membaik.

"Yang jadi masalah di korporasi karena perlambatan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi sekarang mulai bergerak membaik," pungkas Gunawan.

Direktur Utama Bank Permata Roy Arfandy menuturkan, perseroan telah menaikkan pencadangan kreditnya lebih tinggi menjadi 248 persen pada semester I 2016.

"Kami memiliki beberapa action plans terkait pemulihan NPL, seperti menaikkan pencadangan kredit," tukas Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com