Evaluasi Paket Kebijakan Ekonomi, Menko Darmin Klaim Pemerintah Berhasil

Kompas.com - 02/08/2016, 19:33 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, evaluasi terhadap paket kebijakan ekonomi jilid 1-12 sudah dilakukan.

Menurut Darmin, evaluasi tersebut menunjukkan hasil yang positif.

"Hasilnya bagus. Mereka menyatakan sekitar 86 persen responden pelaku ekonomi dan pemerintah daerah yang diwawancara tahu mengenai deregulasi yang diumumkan dalam 12 paket itu," kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Darmin memastikan evaluasi yang dilakukan oleh Kelompok Kerja III Satgas Percepatan Pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi ini netral dan objektif.

Sebab, pokja itu terdiri dari pihak swasta, anggota Kamar Dagang dan Industri, pihak Bank Indonesia serta para pakar.

"Yang melakukan evaluasi bukan pemerintah, dan hasilnya bagus," kata Darmin.

Dengan evaluasi yang ada ini, Darmin memastikan pemerintah akan melanjutkan ke paket kebijakan ekonomi ke-13. Ada dua hal yang rencananya akan menjadi fokus paket ke-13, yaitu e-commerce dan rumah murah.

Menurut Darmin, paket ini sudah siap. Hanya saja pihaknya belum punya kesempatan untuk melaporkan kepada Presiden Jokowi.

"Kami belum punya kesempatan melapor ke Presiden karena kesibukan Presiden. Kami sudah siap, kita tinggal tanya Presiden mau yang mana, karena ada beberapa opsi," ucap Darmin.

Kompas TV Pengumuman Paket Ekonomi Jilid VI - Bagian 2
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.