Susi: Kalau Perikanan Tangkap Diberikan ke Asing, Saya Siap Mundur...

Kompas.com - 04/08/2016, 19:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyatakan siap mundur dari jabatannya bila sektor perikanan tangkap dibuka untuk para investor asing.

Menurut Susi, Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah memutuskan untuk menutup investasi disektor perikanan tangkap untuk investor asing.

"Kalau sampai perikanan tangkap diberikan ke asing, saya siap untuk mundur karena reforming perikanan untuk kepentingan sustainability," ujar Susi saat jumpa pers di rumah dinasnya, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Sebagai gantinya, menteri nyentrik asal Pangandaran, Jawa Barat, itu sudah membuka selebar-lebarnya sektor pengolahan perikanan untuk investor asing.

Bahkan kata Susi, investasi di sektor tersebut bisa mencapai 100 persen siang. Saat ini sektor perikanan tangkap ditutup untuk investasi asing.

Pemerintah memberikan sektor tersebut untuk para nelayan dalam negeri. Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berencana mengkaji ulang investasi ke perikanan tangkap atau budidaya.

Padahal di dalam Daftar Negatif Investasi (DNI), sektor perikanan tangkap sudah ditutup untuk investasi asing.

"Ya kami lihat daftar negatifnya. Kan aturannya kami yang buat, kalau perlu berubah ya kami ubah," kata Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Kompas TV Menteri Susi: Nama Saya Identik dengan Penenggelaman Kapal- Satu Meja

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.