Cari Modal Usaha? Coba Lima Tips Pengajuan KTA Ini

Kompas.com - 05/08/2016, 19:00 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah kamu sedang mencari modal uang untuk mulai merintis usaha kamu sendiri? Jika iya, maka salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah menabung. Jangan lupa untuk menerapkan prinsip hidup hemat agar tabungan kamu cepat terkumpul ya.

Jika kamu butuh modal dalam waktu yang cukup cepat, maka salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan pinjaman tanpa agunan alias KTA.

Pinjaman ini cukup populer di kalangan masyarakat karena bisa cair dengan cepat dan tidak perlu menjaminkan aset apapun.

Supaya pengajuan KTA dan bisnis kamu berjalan lancar, coba ikuti beberapa tips berikut:

1. Pastikan kamu punya cadangan uang

Namanya juga bisnis, ada kemungkinan di awal-awal bisnis kamu pemasukan masih minim atau bahkan rugi. Kalau sudah begini, bisa-bisa kamu tidak bisa melunasi cicilan bulanan KTA. Sebaiknya kamu memiliki tabungan persiapan untuk membayar cicilan beberapa bulan pertama KTA untuk berjaga-jaga.

2. Buat perencanaan bisnis sederhana

Kamu tidak perlu menjadi ahli keuangan atau bisnis untuk membuat suatu perencanaan bisnis. Perencaan yang dimaksud di sini adalah arah kegiatan bisnis kamu dan bagaimana perkiraan pemasukan maupun biaya yang akan timbul dalam kegiatan bisnis untuk beberapa periode ke depan.

Kamu perlu mempersiapkan penyisihan dari pemasukan bisnis kamu untuk melunasi cicilan KTA. Contohnya, kalau dalam perencanaan kamu pemasukan mencapai Rp 5 juta per bulan dan biaya operasional mencapai Rp 3 juta per bulan, pastikan KTA yang kamu ajukan nanti memiliki cicilan di bawah Rp 2 juta per bulan.

Dengan demikian, memiliki perencaan bisnis yang baik akan menyelamatkan kamu dari kemungkinan tidak bisa melunasi cicilan tetap per bulan dari KTA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.