Bagaimana Cara Pensiun Sejahtera pada Usia 50 Tahun

Kompas.com - 07/08/2016, 12:00 WIB
Ilustrasi dana pensiun Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi dana pensiun
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah memasuki usia 30-an, anda tentu mulai memikirkan mengenai pensiun dan masa tua anda nantinya bersama dengan pasangan.

Hal ini sangat wajar terjadi, sebab cepat atau lambat anda akan menjalani masa pensiun dan berhenti dari pekerjaan yang saat ini anda geluti.

Setiap orang mungkin saja memiliki konsep ideal mengenai masa pensiun, namun tentu saja setiap orang menginginkan masa pensiun yang sejahtera, bukan?

Rencanakan dengan matang masa pensiun anda, dan lakukan hal tersebut sejak dini, sehingga anda memiliki sejumlah waktu panjang untuk mempersiapkannya dengan tepat.

Simak beberapa langkah di bawah ini yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera bagi anda dan pasangan:

1.    Mulailah sejak dini
Semakin cepat anda memulai menabung dan berinvestasi, maka semakin banyak waktu yang anda miliki untuk mempersiapkan masa pensiun anda.

Jangan menunda untuk melakukan kedua hal ini, anda bahkan harus sudah memulainya sejak usia awal anda mendapatkan sejumlah penghasilan.

2.    Tabung lebih banyak
Semakin banyak anda menabung, maka semakin cepat anda mencapai persiapan masa pensiun anda dengan matang. Hindari berbagai pengeluaran yang tidak terlalu penting dan selalu utamakan menabung penghasilan anda terlebih dahulu. Artinya, anda harus mampu menekan biaya hidup dan juga berbagai macam pengeluaran di dalam keuangan anda.

3.    Berinvestasi di luar dana pensiun
Saat berinvestasi dalam dana pensiun, maka besar kemungkinan anda akan dikenakan sejumlah penalti ketika menarik sejumlah dana tersebut sebelum jatuh tempo.

Hindari hal seperti ini karena berpotensi menimbulkan kerugian di masa yang akan datang. Lakukan investasi lainnya di luar investasi dana pensiun anda, ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu anda membutuhkan sejumlah dana tersebut sebelum masa pensiun tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.