Aliran Dana Asing Terus Masuk, Apa Untungnya bagi Indonesia?

Kompas.com - 08/08/2016, 16:52 WIB
Ilustrasi uang kertas. AFPIlustrasi uang kertas.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Aliran dana asing terus membanjiri Indonesia. Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, hingga pekan lalu, aliran dana yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 130 triliun.

“Sampai minggu lalu sekitar Rp 130 triliun. Aliran dana terus masuk,” kata Perry di kantornya di Jakarta, Senin (8/8/2016).

Perry menjelaskan, ada beberapa faktor yang mendorong banjirnya aliran dana yang masuk ke Indonesia.

Salah satunya adalah kenaikan suku bunga acuan bank sentral AS Fed Fund Rate (FFR) yang diprediksi akan terjadi pada tahun ini, tetapi tidak terlalu tinggi.

Di samping itu, ekspektasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang menguat juga mendorong aliran dana asing masuk ke Indonesia.

"Banyak faktor, Fed Fund Rate naik, tetapi tidak tinggi. Penempatan investasi di Indonesia termasuk yang menarik, bukan hanya dari suku bunga, tetapi juga prospek ekonomi. Aliran dari tax amnesty juga," ujar Perry.

Menurut Perry, besarnya aliran dana yang masuk ke Indonesia akan berdampak kepada cadangan devisa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, nilai tukar rupiah juga mampu terkerek ke zona penguatan.

Namun, menurut Perry, BI tidak akan membiarkan rupiah menguat terlalu jauh.

“Meski menguat kami tidak akan biarkan terlalu jauh. Kami akan jaga di level cukup wajar dari sisi fundamental,” tutur Perry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.