Tertekan Saham-saham Farmasi, Wall Street Ditutup Melemah Tipis

Kompas.com - 09/08/2016, 07:07 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Wall Street beringsut menjauhi rekor yang telah dicapai, menyusul melemahnya saham-saham farmasi pada akhir perdagangan Senin atau Selasa dini hari (9/8/2016).

Akan tetapi, pelemahan yang terjadi tidak terlalu dalam seiring dengan harga minyak menguat yang didorong oleh positifnya laporan ketenagakerjaan AS.

Reli yang terjadi sejak akhir Juni membuat indeks S&P 500 menguat hingga mendekati 7 persen sejak awal tahun membuat investor terus memantau valuasi berbagai saham.

"Ini merupakan kondisi yang alami, pasar perlu waktu untuk berefleksi. Setiap investor saat ini mungkin bertanya, 'Apa yang telah saya lakukan selama ini?'" kata Brad McMillan, chief investment officer pada Commonwealth Financial Network sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (9/8/2016).

Tertekan oleh saham-saham farmasi yakni Bristol-Myers, Merck dan Allergan, sektor healthcare pada S&P 500 turun 0,9, sedangkan sektor bio teknologi pada Nasdaq melemah 1,1 persen.

Akan tetapi, pelemahan yang terjadi di bursa AS berhasil diredam oleh menguatnya harga minyak.

Harga komoditas tersebut menguat hingga lebih dari 2 persen setelah laporan pada pekan lalu menyebutkan bahwa beberapa anggota OPEC akan mengurangi produksinya.

Di sisi lain, investor khawatir mengenai menguatnya sinyal bahwa kinerja emiten pada S&P 500 menurun. Kondisi tersebut membuat indeks The S&P 500 ditutup melemah tipis 0,09 persen di level 2.180,89.

Adapun indeks Dow Jones juga berakhir melemah tipis 0,08 dan berakhir pada 18.529,29, serta indeks Nasdaq ditutup turun 0,15 persen ke level 5.213,14.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.