Alirkan Dana Repatriasi ke Sektor Riil, Bank Persepsi Wajib Jadi Fasilitator

Kompas.com - 10/08/2016, 19:39 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 122 tahun 2016 untuk mengatur mekanisme investasi dana amnesti pajak ke sektor riil.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, bank persepsi wajib memfasilitasi para wajib pajak yang ingin menginvestasikan dana amnesti pajak ke sektor riil.

"Bank yang jadi gateway akan jadi fasilitator," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Selama ini, tutur Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, banyak masyarakat yang menanyakan ihwal investasi dana repatriasi di luar instrumen keuangan.

Misalnya, investasi properti, infrastuktur, perikanan, hingga pariwisata.

Setelah adanya PMK 122 tahun 2016 kata dia, sejumlah sektor sudah dispesifikasikan sehingga sesuai dengan program prioritas pemerintah, di antaranya infrastuktur, ketahanan pangan, dan properti.

"Bank akan mengadimistrasikan, mengumpulkan informasi, dan melaporkannya juga, apa bidang-bidang yang sesuai dengan program prioritas pemerintah," kata mantan Direktur Pelaksanaan Bank Dunia itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.