OJK: Tak Semua Perusahaan Pembiayaan Bisa Beri DP Kendaraan Nol Persen

Kompas.com - 10/08/2016, 20:36 WIB
Deretan motor bekas yang dipajang di salah satu diler kawasan Jatibening, Jakarta Timur. KompasOtomotif-Donny AprilianandaDeretan motor bekas yang dipajang di salah satu diler kawasan Jatibening, Jakarta Timur.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggulirkan wacana pemberlakukan uang muka alias down payment (DP) nol persen bagi kredit kendaraan bermotor (KKB).

Namun demikian, OJK menjelaskan bahwa aturan tersebut tidak serta merta berlaku bagi seluruh perusahaan multifinance.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menegaskan, tidak semua perusahaan pembiayaan dapat memberlakukan fasilitas tersebut dan OJK bakal memberlakukan persyaratan yang ketat.

Muliaman pun mengaku saat ini OJK tengah mempelajari lebih lanjut terkait wacana tersebut.

“Itu persyaratan berat sekali. Kami masih dalam kajian supaya tidak ada persepsi lain, bahwa siapa saja boleh. Hanya (multifinance) tertentu dengan kualitas A, tapi kami sedang rumuskan supaya tidak salah dipersepsikan,” ungkap Muliaman di Bursa Efek Indonesia, Rabu (10/8/2016).

Salah satu hal yang tengah dikaji oleh OJK adalah terkait rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) perusahaan multifinance. Menurut dia, ada kemungkinan hanya perusahaan multifinance yang memiliki NPL di bawah 1 persen yang dapat memberikan fasilitas DP nol persen.

Sebelumnya diberitakan, OJK berencana memangkas DP pembiayaan kendaraan bermotor hingga nol persen dari saat ini berkisar 15 hingga 20 persen. Ini lantaran pembiayaan kendaraan bermotor masih belum bergairah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.