Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Proyek Pembangunan Kereta Bandara Segera Dilaksanakan

Kompas.com - 11/08/2016, 07:46 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan pembangunan Kerata Api Bandara Soekarno-Hatta akan bisa dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Sebab, pembebasan tanah untuk lokasi pembangunan sudah menemukan kesepakatan mengenai harga.

"Mengenai administrasi kita sedang persiapkan, insyaallah dalam waktu kurang satu bulan selesai. Insya Allah dalam waktu kurang satu bulan selesai," ujarnya saat ditemui di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Budi menuturkan dalam proses pembebasan tanah dirinya telah bekerja sama dengan dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dua BUMN itu yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dan PT Jasa Marga (Persero) tbk. Pembangunan kereta api yang menghubungkan Stasiun Manggarai dengan Bandara Soekarno-Hatta ini ditargetkan selesai pada Maret 2017.

Budi juga mengungkapkan nantinya Bandara Soerkarno-Hatta juga dapat diakses dengan kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) dari Bandara Halim yang pembangunannya masih tahap studi kelaikan.

"Oleh karenanya kita upaya semaksimal mungkin," pungkasnya

Seperti diketahui, pembangunan kereta api Bandara Soekarno-Hatta sempat terkendala. Salah satu kendalanya antara lain sengketa pembebasan tanah milik warga di sekitar Porisplawad, Batu Ceper, Tangerang.

Kompas TV Kereta Bandara Soekarno-Hatta Segera Dibangun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com