Sektor Konsumer dan Properti Dorong Kenaikan IHSG di Sesi I

Kompas.com - 11/08/2016, 12:23 WIB
Suasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (7/15/2016). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (7/15/2016).
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 0,47 persen atau naik 25,74 poin pada penutupan sesi I perdagangan saham, Kamis (11/8/2016). Sektor konsumer dan properti jadi pendorong kenaikan indeks.

Dari data BEI, sektor konsumer naik 1,7 persen sementara sektor properti naik 1,5 persen. Dua sektor tersebut termasuk enam sektor yang ditutup menguat pada sesi I perdagangan saham di Kamis ini.

Empat sektor yang ditutup menurun yakni pertambangan, infrastruktur, keuangan dan industri dasar, akibat tekanan aksi ambil untung.

Dari data RTI, grafik IHSG terlihat menunjukkan tren penguatan, terutama menjelang akhir sesi I. Sebanyak 162 saham ditutup naik, 117 saham ditutup turun dan 104 saham ditutup tetap.

Kemungkinan IHSG akan terus meningkat dengan maraknya aksi beli investor asing. Net foreign buy di semua papan perdagangan mencapai Rp 97,7 miliar.

Volume perdagangan saham pada sesi I mencapai 6,59 miliar saham dengan nilai transaksi Rp 3,99 triliun.

Sebelumnya di bursa AS, pergerakan indeks dipengaruhi oleh penurunan harga minyak mentah dunia hingga 2 persen. Penurunan harga minyak menekan sektor energi hingga 1,4 persen dan membuat indeks S&P 500 terseret turun 0,29 persen.

Harga minyak mentah pada penutupan perdagangan Rabu waktu New York, Amerika Serikat (AS), kembali jatuh setelah data AS mengenai persediaan minyaknya ternyata mengejutkan pasar.

Laporan lembaga informasi energi AS, Information Administration (EIA), stok minyak AS naik 1,1 juta barel di minggu yang berakhir 5 Agustus 2016. Padahal, terjadi penarikan bensin besar-besaran menghadapi liburan musim panas di AS.


Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.