Selama Juli 2016, Madiun Alami Inflasi Tertinggi di Jawa Timur

Kompas.com - 12/08/2016, 11:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

GRESIK, KOMPAS.com – Selama Juli 2016, Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengalami inflasi sebesar 0,76 persen atau mengalami kenaikan sebesar 0,16 persen, jika dibanding inflasi yang terjadi pada bulan sebelumnya, yang hanya tercatat pada angka 0,60 persen.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, wilayah di Jatim yang mengalami inflasi tertinggi adalah kota Madiun, yang tercatat sebesar 0,85 persen. Diikuti Kota Surabaya sebesar 0,83 persen, dan kemudian kota Kediri sebesar 0,78 persen.

Sementara Kota Malang mengalami inflasi sebesar 0,78 persen, Kabupaten Sumenep dan Kota Probolinggo masing-masing tercatat sebesar 0,63 persen, serta Kabupaten Banyuwangi tercatat sebesar 0,43 persen.

“Untuk inflasi terendah, terjadi di Kabupaten Jember yang hanya tercatat sebesar 0,42 persen,” ujar Kepala BPS Jatim Teguh Pramono, Kamis (11/8/2016).

Peningkatan inflasi di beberapa daerah yang ada di Jatim, jelas Teguh, lantaran persiapan masyarakat menjelang Lebaran yang terjadi pada bulan tersebut, yang menyebabkan kenaikan harga pada sejumlah komoditas.

Dengan beberapa komoditi yang memicu terjadinya inflasi di antaranya, daging ayam ras, bawang merah, angkutan antar kota, angkutan udara, teh manis, emas perhiasan, apel, kentang, cabai rawit, serta tarif listrik.

“Meski demikian, masih ada beberapa yang harganya terkendali dan mampu menghambat terjadinya inflasi. Yakni, telur ayam ras, besi beton, nangka muda, telepon seluler, semen, tomat sayur, jagung manis, sawi hijau, minyak goring, dan melon,” terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teguh pun menambahkan, jika hal yang mempengaruhi harga komoditi tersebut terkendali adalah, stok yang mencukupi, serta tidak terjadi kenaikan permintaan yang signifikan terhadap komoditi tersebut. 

Kompas TV Inflasi Turun karena Harga Pangan Terkendali
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.