Peringati HUT RI ke 71, PLN Gratiskan Biaya Pasang Meteran Baru

Kompas.com - 12/08/2016, 15:00 WIB
Ilustrasi Listrik KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi Listrik
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan menggratiskan biaya pemasangan meteran baru bagi masyarakat tidak mampu dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke 71.

Program gratis pemasangan meteran listrik ini rencananya akan dinikmati hingga 2.000 rumah tangga miskin di seluruh Indonesia.

"Kami akan membebaskan biaya meteran atau biaya penyambungan untuk masyarakat miskin yang tidak mampu," ujar Direktur Utama PLN, Sofyan Basir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Meski tidak menyebutkan secara rinci klasifikasi rumah tangga miskin seperti apa yang dimaksud, namun program ini dipercaya akan mendukung peningkatan dan pemerataan eletrifikasi nasional.

Rencana menggratiskan biaya pemasangan meteran listrik ini bukan tanpa alasan, menurut Sofyan, masyarakat dalam kategori miskin umumnya tidak mampu membayar biaya pemasangan listrik, mereka hanya mampu membayar listrik perbulan di kisaran Rp 25.000.

"Kalau bayar listrik Rp 25.000 per bulan mereka mampu, tapi untuk biaya pemasangan meteran Rp 450.000 ribu sampai Rp 600.000 banyak yang tidak sanggup," tandas Sofyan.

Sekadar informasi berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) rasio eletrifikasi Indonesia saat ini sebesar 90,15 persen. Pada 2017 ditargetkan mencapai 92,75 persen dan hingga 2019 ditargetkan mencapai 97,35 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.