Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati HUT RI ke 71, PLN Gratiskan Biaya Pasang Meteran Baru

Kompas.com - 12/08/2016, 15:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan menggratiskan biaya pemasangan meteran baru bagi masyarakat tidak mampu dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke 71.

Program gratis pemasangan meteran listrik ini rencananya akan dinikmati hingga 2.000 rumah tangga miskin di seluruh Indonesia.

"Kami akan membebaskan biaya meteran atau biaya penyambungan untuk masyarakat miskin yang tidak mampu," ujar Direktur Utama PLN, Sofyan Basir di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Meski tidak menyebutkan secara rinci klasifikasi rumah tangga miskin seperti apa yang dimaksud, namun program ini dipercaya akan mendukung peningkatan dan pemerataan eletrifikasi nasional.

Rencana menggratiskan biaya pemasangan meteran listrik ini bukan tanpa alasan, menurut Sofyan, masyarakat dalam kategori miskin umumnya tidak mampu membayar biaya pemasangan listrik, mereka hanya mampu membayar listrik perbulan di kisaran Rp 25.000.

"Kalau bayar listrik Rp 25.000 per bulan mereka mampu, tapi untuk biaya pemasangan meteran Rp 450.000 ribu sampai Rp 600.000 banyak yang tidak sanggup," tandas Sofyan.

Sekadar informasi berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) rasio eletrifikasi Indonesia saat ini sebesar 90,15 persen. Pada 2017 ditargetkan mencapai 92,75 persen dan hingga 2019 ditargetkan mencapai 97,35 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com