Menteri BUMN Minta PLN Akuisisi 50 Persen Saham Pertamina Geothermal Energy

Kompas.com - 12/08/2016, 15:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Batang, Jawa Tengah, Jumat (17/6/2016). Arimbi RamadhianiMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di Batang, Jawa Tengah, Jumat (17/6/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk mengakuisisi 50 persen saham PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Permintaan Rini tersebut bukan tanpa alasan, menurutnya PLN lebih cocok untuk mengelola listrik yang dihasilkan dari energi panas bumi (geotermal) milik anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut.

"Penjual dan pengelola listrik adalah PLN, Pertamina tugasnya menjual dan mengelola BBM (bahan bakar minyak)," ujar Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Selain itu, menurut Rini, agar energi panas bumi dapat cepat berkembang maka pengelolaan PGE perlu diserahkan ke ahli listrik, dalam hal ini PLN.

"Tujuannya sudah jelas, geotermal ini dipakai untuk energi primer yang tidak lain adalah untuk listrik," tandas Rini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PLN dan Pertamina perlu bersinergi agar pengembangan energi geotermal dapat cepat terwujud. "Saya minta PLN dan Pertamina menjadi partner," ucap Rini.

Rini memastikan, meskipun nantinya PLN akan memiliki 50 persen saham PGE, namun anak usaha Pertamina tersebut tetap masuk dalam holdingisasi antara Pertamina dan PGN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"PGE tetap bagian dari Pertamina. Jangan lupa, PLN juga tidak bisa sendiri karena dalam drilling itu ahlinya Pertamina. Tapi jual listrik bukan ahlinya Pertamina. Pertamina ahlinya jual BBM. Karena itu kami tekankan harus di-link dengan PLN," pungkas Rini.

Kompas TV PLN Klaim Proyek 35.000 Megawatt Masih Berjalan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.