Kompas.com - 12/08/2016, 16:41 WIB
ILUSTRASI: Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)    KOMPAS/PRIYOMBODOILUSTRASI: Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membuka tender empat proyek penyediaan listrik oleh pengembang swasta atau independent power producer (IPP) yang termasuk dalam program kelistrikan 35.000 megawatt (MW).

Keempat proyek tersebut adalah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Bangka 1 (2 x 100 MW), PLTU Kalselteng 3 (2 x 100 MW), PLTU Kaltim 3 (1 x 200 MW), PLTU Kaltim 6 (1 x 200 MW).

Manager Senior Public Relations PLN Agung Murdifi mengatakan, tahap pra-kualifikasi dokumen dibuka mulai tanggal 11 hingga 25 Agustus 2016 bagi para pihak yang sebelumnya telah memiliki pengalaman dalam membangun pembangkit. Para peserta tender akan melewati proses seleksi yang kompetitif.

Kriteria kualifikasi didasarkan pada kategori tertentu yang akan merepresentasikan kemampuan peserta tender dalam mengembangkan proyek IPP, pengalaman membangun pembangkit dan kekuatan finansialnya.

“Melalui proses tender ini, PLN dapat melakukan seleksi yang lebih kompetitif. Dengan begitu, kami bisa mendapatkan pemenang tender yang benar-benar berkualitas untuk mendukung program percepatan ini,” kata Agung melalui keterangan tertulisnya Jumat (12/8/2016).

Agung lebih jauh mengatakan, peserta tender terpilih pada setiap lokasi proyek, akan mengembangkan, mendanai, membangun, dan mengoperasikan proyek PLTU dengan skema Build-Own-Operate-Transfer (BOOT) selama jangka waktu 25 tahun dalam kontrak Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik atau Power Purchase Agreement (PPA).

Selain itu, mereka juga akan membangun jalur transmisi beserta fasilitasnya yang akan dialihkan kepada PLN sebagai fasilitas khusus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agung menambahkan, untuk Proyek PLTU Kaltim-3, pemenang tender akan bekerjasama dengan Anak Perusahaan PLN sebagai Sponsor Proyek untuk membangun SPC dan melaksanakan PPA.

Kandungan lokal

Sementara itu, guna mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), pemenang tender terpilih akan menggunakan produk boiler, balance of plant (BOP), transformer, kabel, kubikel dan baja yang disusun, diproduksi, dan dirakit oleh produsen berpengalaman di Indonesia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.