Apa Saja Tips Jitu Pengelolaan Keuangan dengan Memanfaatkan Kartu Kredit?

Kompas.com - 12/08/2016, 18:00 WIB
Ilustrasi kartu kredit dan reward poin Dok. HaloMoney.co.idIlustrasi kartu kredit dan reward poin
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Ilmu pengelolaan keuangan merupakan ilmu dasar yang perlu dimiliki oleh semua orang, apapun latar belakang pendidikannya. Memahami sedikit dasar-dasar manajemen keuangan pribadi terbukti dapat membantu kehidupan seseorang menjadi lebih sejahtera.

Sebagai contoh, apakah kamu mengetahui bahwa deposito di bank menerapkan bunga berbunga? Misalnya, jika kamu menabung Rp 10 juta dengan bunga 10 persen per tahun, maka di akhir tahun pertama kamu akan memperoleh bunga Rp 1 juta (10 persen x Rp 10 juta).

Namun, di akhir tahun kedua nilai bunga yang kamu peroleh bukanlah Rp 1 juta, melainkan Rp 1,1 juta (10 persen + [Rp 10 juta + bunga Rp 1 juta). Menjadi melek finansial membuat kamu bisa membuat perencanaan keuangan yang baik.

Berikut ini merupakan empat tips pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan kartu kredit yang Anda miliki:

Pertama, manfaatkan laporan transaksi pemakaian kartu kredit.

Jika Anda pengguna kartu kredit, tentu Anda tahu bahwa bank akan mengirimkan laporan penggunaan kartu kredit setiap bulan. Dari sini, Anda bisa melihat berbagai transaksi yang Anda lakukan serta berbagai cicilan yang sedang berjalan.

Ini sangat bermanfaat untuk membuat budget pengeluaran Anda di bulan berikutnya, sekaligus menghitung penyisihan dari penghasilan Anda untuk ditabung.

Kedua, gunakan fitur cicilan.

Misalkan Anda ingin membeli suatu smartphone baru, Anda bisa memilih untuk menggunakan tabungan Anda atau mencicilnya dengan kartu kredit. Tergantung pihak merchant, bisa jadi Anda diberikan bonus diskon atau cashback yang akan mengurangi nilai beli smartphone tersebut.

Fitur cicilan kartu kredit juga berguna untuk menjaga kestabilan arus kas Anda setiap bulan. Hanya saja, pastikan Anda memiliki kemampuan untuk melunasi cicilan baru setiap bulannya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.