Harga Minyak Naik, Wall Street Kembali Sentuh Rekor Baru

Kompas.com - 16/08/2016, 07:07 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS kembali menyentuh rekor pada penutupan perdagangan Senin atau Selasa (16/8/2016) waktu Indonesia.

Penguatan tersebut dipicu oleh naiknya harga minyak menyusul laporan mengenai rencana negara-negara pengekspor minyak akan menahan produksi minyaknya.

Indeks Dow Jones industrial average menguat sebesar 59,58 poin atau 0,3 persen dan ditutup di posisi 18.636,05 atau menyentuh rekor baru.

Standard & Poor's 500 dan Nasdaq juga menyentuh rekor barunya. Indeks S&P 500 menguat sebesar 6,10 poin atau 0,3 persen di sesi penutupan menjadi 2.190,15 dan indeks Nasdaq naik 29,12 poin di sesi penutupan atau 0,6 persen di level 5.262,02.

Menguatnya harga minyak terlihat dari harga West Texas Intermediate yang naik 2,8 persen menjadi 45,74 dollar AS per. Adapun minyak jenis Brent juga menghijau sebesar 2,9 persen di posisi 48,35 dollar AS per barel.

Pekan ini investor menunggu sinyal naiknya suku bunga acuan yang dijadwalkan bakal dirilis pada Rabu besok.

The Fed dalam penutupan pertemuannya menyatakan bahwa risiko ekonomi dalam jangka pendek telah mereda. Hal itu memunculkan spekulasi bahwa bank sentral AS itu akan menaikkan suku bunga acuannya pada September.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber USA Today
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.