Dari Dikira Cari Pokemon sampai Dikejar Anjing, Lika-liku Profesi Ini...

Kompas.com - 18/08/2016, 10:07 WIB
Dua petugas leak survey PGN berjalan menyusuri kawasan Kesambi, Cirebon saat hari kemerdekaan, Rabu (17/8/2016). KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANIDua petugas leak survey PGN berjalan menyusuri kawasan Kesambi, Cirebon saat hari kemerdekaan, Rabu (17/8/2016).
|
EditorPalupi Annisa Auliani

CIREBON, KOMPAS.com - "Ada apa ya?" bisik-bisik warga setiap kali melihat dua orang berbaju oranye ini berjalan kaki melintas.

Sambil menapaki langkah demi langkah, kedua orang itu terus menatap layar gadget di tangan mereka. Satu gang permukiman pun bisa mereka lewati lebih dari sekali.

Bukan, mereka tidak sedang mencari pokemon—permainan virtual yang mengharuskan pemain mencari monster sambil berjalan. Gadget di tangan mereka juga bukan ponsel.

"Petugas kebakaran!" teriak seorang bocah kepada ibunya, sambil menunjuk kedua orang itu.

Maklum, selain baju oranye, mereka juga memakai helm putih, masih pula berkaus tangan dan mengenakan sepatu lapangan.

Perkenalkan, mereka adalah petugas leak survey—tim yang setiap hari rutin memeriksa jaringan gas dari risiko kebocoran dan kerusakan—Perusahaan Gas Negara (PGN).

Pekerjaan mereka, berjalan kaki menyusuri berkilo-kilometer pipa gas, memastikan tidak ada kebocoran gas, kerusakan pipa gas, atau aktivitas yang berisiko mengganggu jaringan gas.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Salah seorang warga Kesambi, Cirebon memperhatikan dua petugas leak survey PGN yang sedang menyusuri jalur pipa gas, Rabu (17/8/2016).

Pun pada Rabu (17/8/2016), hari kemerdekaa Indonesia, para petugas leak survey ini tetap menjalankan rutinitasnya. Di kota ini ada jaringan gas sepanjang 402 kilometer.

Tiga pasangan tim leak survey berbagi tugas menyusuri jaringan gas PGN di Cirebon.

Tak kenal musim dan tanggal merah

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.