Kompas.com - 22/08/2016, 11:59 WIB
Mantan Wakil Presiden Boediono Kompas.com/SABRINA ASRILMantan Wakil Presiden Boediono
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Wakil Presiden RI Boediono memuji mantan Presiden ketiga RI BJ Habibie. Menurut Boediono, Habibie memiliki peran yang besar dalam mendukung independensi Bank Indonesia (BI).

"Independensi BI muncul saat Pak Habibie menjadi presiden. Beliau mendukung independensi bank sentral," kata Boediono dalam keynote speech peluncuran BI Institute di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Boediono mengungkapkan, Habibie lama menuntut ilmu di Jerman. Oleh karena itu, dia memahami dan sangat terinspirasi dengan independensi bank sentral Jerman yang sangat tinggi.

"Makanya, beliau mendukung revisi undang-undang BI dan mendukung independensi BI yang kuat. Undang-undang itu berdasarkan masukan dari pakar dari dalam dan luar negeri," ujar Boediono.

Bahkan, mantan gubernur bank sentral Jerman pun kala itu dilibatkan sebagai pakar untuk memberi masukan saat menggodok UU BI. Selain itu, jajaran menteri ekonomi juga turut menggodok undang-undang bank sentral tersebut.

"Eks gubernur bank sentral Jerman memberi masukan kepada kami-kami ini waktu itu, Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, saya yang waktu itu di Bappenas, dan Gubernur BI saat itu Pak Syahril Sabirin," terang Boediono.

Disahkannya UU BI saat itu, diakui Boediono, merupakan saat yang tepat. Pasalnya, apabila BI baru meminta independensi pada era saat ini, Boediono memandang hal itu sulit untuk dipenuhi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Momen historis itu perlu dicatat dalam sejarah BI. Timing-nya pas. Kalau Anda mengajukan independensi sekarang sulit karena sekarang pemikirannya berbeda," tutur Boediono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.