Catat! Harga Eceran Rokok Terbaru Diumumkan 3 Bulan ke Depan

Kompas.com - 22/08/2016, 15:33 WIB
Petugas kasir memasang tanda larangan anak di bawah umur membeli rokok, di Indomaret, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015). Program tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelarangan pembelian produk tembakau oleh anak-anak di bawah 18 tahun. WARTA KOTA / HENRY LOPULALANPetugas kasir memasang tanda larangan anak di bawah umur membeli rokok, di Indomaret, Jakarta Pusat, Selasa (3/11/2015). Program tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelarangan pembelian produk tembakau oleh anak-anak di bawah 18 tahun.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah belum akan mengumumkan harga eceran dan tarif cukai rokok dalam waktu dekat. Rencananya, pengumuman itu baru akan disampaikan tiga bulan ke depan.

"Pemerintah tidak akan sepihak ataupun terburu-buru menetapkan harga tarif dan jual eceran rokok," ujar Direktur Jenderal Bea Heru Pambudi di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/8/2016).

Menurutnya, pemerintah ingin memberikan waktu kepada semua pihak yang terkait untuk melakukan penyesuaian. Meski begitu tarif cukai dan harga jual eceran rokok belum ditentukan.

Saat ini kata dia, Kementerian Keuangan masih melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan sebelum memutuskan tarif cukai dan harga eceran rokok.

Selain itu, Kemenkeu juga akan berkomunikasi dengan organisasi pemerhati kesehatan, pabrik, dan asosiasi industri. "Kalau kita lihat historisnya, setiap tahun harga rokok naik," kata Heru.

Kompas TV Inilah Tanggapan Warga Wacana Kenaikan Rokok
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.