Demi Kesejahteraan Petani, Bupati Lamongan Bersiap Kunjungi "Farm Progress Show 2016" di AS

Kompas.com - 22/08/2016, 20:30 WIB
Bupati Lamongan Fadeli (kiri), saat acara panen raya jagung di Lamongan beberapa waktu lalu. (foto; dok.humas Pemkab Lamongan) Kontributor Gresik, Hamzah ArfahBupati Lamongan Fadeli (kiri), saat acara panen raya jagung di Lamongan beberapa waktu lalu. (foto; dok.humas Pemkab Lamongan)
|
EditorAprillia Ika

LAMONGAN, KOMPAS.com – Dalam rangka mencari terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Bupati Fadeli beserta pejabat terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, bakal mengunjungi Farm Progress Show 201

Acara ini adalah sebuah agenda pameran pertanian yang diselenggarakan di Boone, yang termasuk dalam Negara Bagian Iowa, Amerika Serikat (AS), pada rentang 30 Agustus hingga 1 September 2016.

Selain mengunjungi pameran, rombongan juga akan melakukan sejumlah pertemuan dengan mitra kerja, serta melihat secara langsung beberapa fasilitas pertanian modern yang ada di sana.

“Rencananya, Pak Bupati dan rombongan akan berada di sana sekitar 11 hari. Sebab kedatangannya, juga untuk memenuhi undangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI),” tutur Kepala Bagian Humas dan Infokom Pemkab Lamongan Sugeng Widodo, Senin (22/8/2016).

Kedatangan Fadeli dan rombongan ke acara tersebut memangnya bukan tanpa alasan. Selain menghadiri undangan Kedubes RI, mereka juga datang untuk mencari terobosan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani yang ada di Lamongan.

“Terlebih dari areal jagung yang ada di Lamongan yang mencapai hampir 60 ribu hektare, produktifitasnya saat ini masih rendah. Yakni, masih berkisar di angka 5,5 ton per hektare,” jelasnya.

Harapan pun lantas muncul selepas kunjungan nantinya, di mana Bupati dan rombongan diharapkan bisa meningkatkan produktifitas jagung yang ada di Lamongan, minimal menjadi tujuh hingga delapan ton per hektare melalui pengelolaan pasca panen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agenda Farm Progress Show 2016 sendiri, merupakan even eksibisi yang memajang berbagai jenis alat dan mesin pertanian modern. Acara ini dijadwalkan bakal dihadiri ratusan pebisnis pertanian dari seluruh dunia, yang juga menyediakan akses untuk melakukan pertemuan dengan mitra bisnis di bidang pertanian.

“Selain itu, Pak Bupati dan juga rombongan, dijadwalkan juga akan mengunjungi perkebunan jagung, pusat penelitian jagung, Universitas Iowa, serta asosiasi jagung dan peternakan sapi yang ada di Negara Bagian Iowa,” pungkasnya.

Tidak hanya itu, lawatan tersebut sekaligus juga untuk melakukan penjajagan sister city, dalam pembangunan bidang infrastruktur dan pertanian antara Lamongan dan Iowa. Di mana Fadeli dan rombongan, dijadwalkan akan bertolak menuju Iowa, pada Selasa (23/8/2016) besok.

Kompas TV Sawah Terendam Banjir, Petani Rugi Ratusan Juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.