Meniru Semangat Tiga Perusahaan Asing untuk Bangun Industri Migas

Kompas.com - 25/08/2016, 15:36 WIB
|
EditorM Fajar Marta

NUSA DUA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja menuturkan, ada tiga contoh perusahaan asing yang semangatnya bisa ditiru untuk mengembangkan industri migas di Indonesia.

Pertama, Singapore Airlines. Wiratmaja menuturkan, industri migas merupakan bidang usaha dengan risiko tinggi.

Oleh karena itu, aspek keamanan dan keselamatan atau "safety first" tidak boleh ditawar-tawar lagi.

"Kalau dilihat dari semua penerbangan, Singapore Airlines merupakan salah satu penerbangan yang diakui dunia 'the safest airline in the world'. Migas harus 'safety first'," ucap Wiratmaja dalam seminar Forum Komunikasi Keselamatan Migas, di Nusa Dua, Bali, Kamis (25/8/2016)

Kedua, McDonald's. Wiratmaja mengajak peserta seminar membayangkan apa yang terlintas ketika memasuki gerai makanan cepat saji itu.

"Bersih, sederhana, pelayanan ramah, dan on time," ucap Wiratmaja. Lebih lanjut dia bilang, industri migas ke depan harus ditata tidak hanya bersih namun juga transparan, atau clean and clear (CnC). "Ke depan, tidak ada lagi cerita 'hengky-pengky', negatif," kata dia lagi.

Terakhir, industri migas perlu mencontoh semangat Starbucks. Wiratmaja mengatakan apa yang membedakan harga kopi di "warung tegal" dengan di Starbucks adalah soal branding.

Di industri migas, branding yang memiliki nilai jual tinggi berarti harus didukung oleh kemampuan sumber daya manusia yang cakap.

"Jadi, kemana kebijakan migas ke depan? Inilah yang kami inginkan ke depan, Singapore Airlines, McDonald's, dan Starbucks. Ini saya bukan jualan, tapi lihat positifnya," kata Wiratmaja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.