Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung UMKM, Bank Indonesia Gelar Pameran Kerajinan UMKM

Kompas.com - 26/08/2016, 15:05 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menggelar pameran produk UMKM dari seluruh Indonesia di Balai Kartini, Jakarta Pusat pada tanggal 26-27 Agustus 2016.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan pameran ini dilaksanakan untuk mendorong munculnya kegiatan ekonomi baru di Indonesia.

"Pameran sebagai wujud konkret pengembangan UMKM oleh BI yang bertujuan untuk mendorong penciptaan pengembangan kegiatan ekonomi baru. Ini juga dilakukan untuk melestarikan cinta budaya daerah," kata Agus saat membuka pameran UMKM binaan BI di Balai Kartini, Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Agus menuturkan, pameran tersebut untuk memperkenalkan karya-karya kreatif UMKM binaan Bank Indonesia.

Dalam mengembangkan dan memajukan UMKM, BI menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM, Badan Ekonomi Kreatif dan Dewan Kerajinan Nasional.

Agus menuturkan, pengembangan sektor ekonomi baru tengah menjadi fokus utama pemerintah.

"Upaya tersebut diperlukan karena dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi nasional melambat. Kami melihat ada potensi pariwisata dan industri kreatif yang akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia," ungkap Agus.

Menurut Agus tumbuhnya sektor ekonomi baru akan menyerap lebih banyak tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian nasional.

"Ekonomi baru memberikan nilai tambah dan menciptakan lapangan kerja. Nilai tambah tersebut dapat meningkatkan ketahanan ekonomi rumah tangga dan menjaga stabilitas sistem keuangan," pungkas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com