Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Citigroup, Kemenangan Trump Cenderung Berdampak Negatif terhadap Perekonomian

Kompas.com - 26/08/2016, 17:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sejalan dengan makin dekatnya penyelenggaraan pemilu presiden Amerika Serikat, berbagai riset digelar untuk mengetahui dampaknya.

Yang terbaru, sebuah riset menunjukkan dampak negatif apabila kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump memenangkan pilpres.

Riset tersebut dilakukan oleh grup perbankan Citigroup yang dipublikasikan Kamis (25/8/2016) waktu setempat.

Menurut riset itu, ekonomi global akan masuk ke jurang resesi apabila Trump memenangkan pilpres pada November 2016 mendatang.

Dalam laporannya, tim riset yang dipimpin kepala ekonom Citigroup di AS Willem Buiter menyatakan, pemilu adalah sumber ketidakpastian ekonomi global.

"Kalau Clinton terpilih, akan terjadi keberlanjutan kebijakan dan ekspansi fiskal skala besar," tulis tim dari Citigroup dalam laporannya seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (26/8/2016).

Adapun kemenangan Trump dinilai dapat menggiring ekonomi ke kegelapan. Dengan mengasumsikan ketidakpastian global dan ketatnya kondisi finansial AS, maka Citigroup memprediksi kemenangan Trump akan menurunkan pertumbuhan ekonomi global sebesar 0,7 hingga 0,8 persen.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi global hanya akan mencapai 2 persen.

The New York Times mengestimasi kemungkinan Trump memenangkan pilpres mencapai 12 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com