Riset Citigroup, Kemenangan Trump Cenderung Berdampak Negatif terhadap Perekonomian

Kompas.com - 26/08/2016, 17:05 WIB
Calon Presiden AS Donald Trump dan Hillary Clinton. Calon Presiden AS Donald Trump dan Hillary Clinton.
|
EditorM Fajar Marta

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sejalan dengan makin dekatnya penyelenggaraan pemilu presiden Amerika Serikat, berbagai riset digelar untuk mengetahui dampaknya.

Yang terbaru, sebuah riset menunjukkan dampak negatif apabila kandidat calon presiden dari Partai Republik Donald Trump memenangkan pilpres.

Riset tersebut dilakukan oleh grup perbankan Citigroup yang dipublikasikan Kamis (25/8/2016) waktu setempat.

Menurut riset itu, ekonomi global akan masuk ke jurang resesi apabila Trump memenangkan pilpres pada November 2016 mendatang.

Dalam laporannya, tim riset yang dipimpin kepala ekonom Citigroup di AS Willem Buiter menyatakan, pemilu adalah sumber ketidakpastian ekonomi global.

"Kalau Clinton terpilih, akan terjadi keberlanjutan kebijakan dan ekspansi fiskal skala besar," tulis tim dari Citigroup dalam laporannya seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat (26/8/2016).

Adapun kemenangan Trump dinilai dapat menggiring ekonomi ke kegelapan. Dengan mengasumsikan ketidakpastian global dan ketatnya kondisi finansial AS, maka Citigroup memprediksi kemenangan Trump akan menurunkan pertumbuhan ekonomi global sebesar 0,7 hingga 0,8 persen.

Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi global hanya akan mencapai 2 persen.

The New York Times mengestimasi kemungkinan Trump memenangkan pilpres mencapai 12 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.