Kompas.com - 29/08/2016, 09:28 WIB
Suasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (7/15/2016). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSuasana pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (7/15/2016).
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) ditutup turun di level 5.425,14. Dari data RTI di pukul 09.15, IHSG sudah merosot ke level 5.394,45 atau turun 44,37 poin atau turun 0,81 persen.

Penurunan IHSG dipengaruhi oleh kondisi eksternal dan internal. Dari faktor luar,  IHSG dipengaruhi sentimen wacana penguatan suku bunga AS dalam beberapa bulan mendatang, pasca Pidato Gubernur Bank Sentral AS Janet yellen di Jackson Hole, AS, akhir pekan lalu.

Dari faktor internal, pelaku pasar masih menunggu data inflasi awal bulan dari BPS pada 1 September 2016 mendatang. BPS sendiri memperkirakan inflasi di September akan naik tipis sekitar 0,2 persen sampai 0,3 persen.

Dari data RTI, volume perdagangan saham mencapai 932,34 juta saham dengan nilai transaksi Rp 395,08 miliar.

Sebanyak 51 saham dibuka naik, 137 saham dibuka turun dan 51 saham dibuka tetap. Sementara net foreign sell di semua papan perdagangan mencapai Rp 24,7 miliar.

Semua indeks sektoral pendukung bursa ditutup turun, dengan penurunan terbesar di sektor properti, keuangan dan konsumer.

Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.