"Fintech" Harus Berkontribusi bagi Peningkatan Inklusi Keuangan

Kompas.com - 29/08/2016, 12:00 WIB
Ketua OJK Muliaman Hadad M Fajar MartaKetua OJK Muliaman Hadad
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menyatakan, layanan keuangan berbasis teknologi atau Fintech harus bisa memberi kontribusi bagi peningkatan inklusi keuangan di Indonesia.

Selain itu, Fintech juga harus mendorong lebih efisiennya layanan jasa keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Fintech dapat dikembangkan untuk merangkul jutaan masyarakat Indonesia untuk masuk ke dalam sektor jasa keuangan, melalui penyediaan kemudahan akses terhadap berbagai produk-produk keuangan yang disesuaikan dengan karakteristik masyarakat," kata Muliaman saat membuka aara Indonesia Fintech Festival & Conference di ICE BSD, Tangerang, Senin (29/8/2016).

Muliaman memberi contoh produk Fintech yang dapat disesuaikan dengan karakteristik masyarakat antara lain e-cash atau e-wallet, basic saving account, reksa dana, asuransi mikro, serta pembiayaan UKM dan startup lain.

Muliaman menjelaskan, pergeseran perilaku dan preferensi konsumen keuangan menuju layanan digital dengan memanfaatkan penggunaan teknologi komputer, handphone, smartphone, dan penggunaan mobile internet harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku industri Fintech dan industri jasa keuangan.

"Saya melihat cukup banyak potensi yang bisa digarap oleh industri Fintech, khususnya dalam mendukung program Inklusi Keuangan Nasional," jelas Muliaman.

Oleh karena itu, industri Fintech harus membangun sinergi dengan industri telekomunikasi dan industri jasa keuangan agar mampu menciptakan produk layanan keuangan yang inovatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, Fintech mampu menjawab kebutuhan masyarakat, memiliki jangkauan yang luas, efisien, nyaman dan aman.

"Di tengah meningkatnya peranan Fintech di industri jasa keuangan, saya ingin kita berlomba-lomba memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin untuk mendorong kontribusi industri Fintech bagi peningkatan inklusi keuangan masyarakat dan juga mendorong lebih efisiennya layanan jasa keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat," ungkap Muliaman.

Kompas TV OJK Akan Terbitkan Aturan Industri Fintech
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.