Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Diprediksi Bisa Berbalik Arah ke Zona Hijau

Kompas.com - 30/08/2016, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di awal pekan, Senin (29/8/2016), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 1,25 persen menjadi 5.370,76 dan memimpin kejatuhan bursa saham Asia.

Pelemahan IHSG dipengaruhi oleh pidato Gubernur Bank Sentral The Fed Janet Yellen, yang mengindikasikan kemungkinan kenaikan suku bunga acuan AS dua kali dalam tahun ini. Jika keadaan ekonomi AS terus membaik, kenaikan suku bunga bisa terjadi pada September 2016 nanti.

Kini The Fed tengah mencoba menyeimbangkan pertumbuhan dan kekhawatiran overheating ekonomi. Kembali ke Jakarta, kemarin asing mencatatkan net sell sebesar 151,4 miliar.

Krishna Setiawan analis Lautandhana Securindo, menjelaskan, sentimen dari dalam negeri, yaitu program pengampunan pajak terasa perkembangannya melambat.

"Awalnya bisa menjadi sentimen positif, tapi semakin ke sini pelaku pasar gelisah, sehingga profit taking," kata Krishna.

Pada perdagangan hari ini , Selasa (30/8/2016) Deky Rahmat Sani, analis NH Korindo Securities, memprediksi, IHSG balik ke zona hijau, support di 5.359 – 5.314 dan resistance di 5.398 – 5.428.

Krishna memprediksi, IHSG akan moderat atau terjadi penurunan tapi tidak sedalam kemarin, di 5.348 - 5.400. (Dini Aldiani)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com