Menkop: Bunga KUR 7 Persen, Langkah Strategis Pemerintah Tingkatkan Wirausaha

Kompas.com - 30/08/2016, 16:17 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan bahwa semangat dan jiwa kewirausahaan di Indonesia terbilang sangat tinggi. Oleh sebab itu, sudah menjadi tugas pemerintah bila memberikan kemudahan dalam berusaha bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kami menyiapkan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga rendah, yaitu sembilan persen. Bahkan, tahun depan akan turun lagi menjadi tujuh persen. Langkah strategis ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia," kata Menkop di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Menkop menyatakan bahwa dengan meningkatnya jumlah wirausaha maka jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia akan menurun. Dengan demikian, kesenjangan ekonomi akan tergerus.

"Bila kesenjangan ekonomi menurun, itu akan semakin memperkuat kita dalam bingkai NKRI," tandas Menkop.

Menkop menyarankan agar para wirausaha pemula itu nantinya akan tergabung dalam koperasi. Karena, untuk menciptakan pemerataan ekonomi itu tidak ada cara lain selain harus memberdayakan dan memperkuat lembaga koperasi.

Sementara itu, Menkop menuturkan tengah gencar melakukan reformasi koperasi meliputi rehabilitasi koperasi (database koperasi), reorientasi koperasi, dan pengembangan koperasi.

Menurut data Kementerian Koperasi, hanya 140 ribu koperasi yang masuk basis data yang bisa dikembangkan menjadi koperasi berkualitas.

"Kami tidak mau lagi fokus pada kuantitas, melainkan fokus pada kualitas koperasi. Banyak koperasi bagus di Indonesia dengan aset dan omzet mencapai triliunan rupiah. Ini yang akan terus kami kembangkan," pungkas Menkop.

Kompas TV Ratusan Nasabah Serbu Kantor Koperasi Bodong

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.