BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,1-5,5 Persen pada 2017

Kompas.com - 31/08/2016, 06:28 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) meyakini ekonomi Indonesia akan berada pada kondisi lebih baik pada 2017. Prediksinya tidak jauh dari target pertumbuhan ekonomi dalam asumsi makro RAPBN 2017.

"Kami perkiraakan pertumbuhan ekonomi 2017 dapat berada di kisaran 5,1 persen sampai 5,5 persen," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo saat rapat dengan Banggar DPR, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Angka tersebut lebih rendah dari prediksi BI sebelumnya atas pertumbuhan ekonomi Indonesia 2017 yakni 5,2-5,6 persen. Sejumlah faktor menjadi pertimbangan BI menurunkan prediksinya.

Salah satunya yakni diturunkannya prediksi pertumbuhan ekonomi global pada 2017 oleh IMF dan Bank Dunia.

IMF menyebutkan ekonomi global diprediksi akan tumbuh 3,1 persen tahun ini dan 3,4 persen tahun 2017 atau turun 0,1 persen dari perkiraan semula baik untuk tahun ini maupun tahun depan.

"Juni juga World Bank menurunkan proyeksi ekonomi menunjukkan pertumbuhan ekonomi 2017 dikoreksi menjadi lebih rendah," kata Agus.

Untuk faktor dalam negeri, Agus menuturkan bahwa ekonomi nasional akan ditopang oleh kondisi permintaan domestik yang lebih baik, dengan tetap kuatnya konsumsi dan membaiknya investasi.

Konsumi masyarakat akan tetap kuat seiring dengan terjaganya daya beli masyarakat, membaiknya perlindungan sosial, dan peningkatan masyarakat kelas menengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.