Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK akan Buat Departemen Statistik dan Dokumentasi, Buat Apa?

Kompas.com - 31/08/2016, 17:35 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan membuat departemen statistik dan dokumentasi dalam waktu dekat. Tujuannya, untuk menyediakan data dan informasi yang akurat, berkualitas, dan real time sehingga bermanfaat bagi pengambilan keputusan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan bahwa data dan informasi yang akurat bagi industri jasa keuangan merupakan hal yang sangat krusial. Apalagi, industri jasa keuangan sangat dipengaruhi oleh perubahan sentimen.

Muliaman mengatakan, sentimen pasar rentan berubah karena data dan informasi yang beredar tidak akurat. Tidak heran jika kemudian akurasi data menjadi sangat penting.

"Seperti 'Brexit' saja misal. Sebetulnya tidak terlalu banyak hubungan data, tapi perubahan sentimen yang muncul itu memicu outflow," kata Muliaman di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Muliaman menambahkan, ada alasan lain OJK perlu memiliki departemen statistik dan dokumentasi yang menyediakan data terpadu.(Baca: OJK dan BPS Teken Nota Kesepahaman Bidang Statistik dan Jasa Keuangan)

Menurut dia, OJK sebagian komponennya merupakan penggabungan Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Nah, dua entitas itu masing-masing membawa data dengan struktur yang berbeda.

Oleh sebab itu, keberadaan departemen statistik dan dokumentasi menjadi penting untuk merapihkan perbedaan data BI dan Kemenkeu. "Kami sekarang dalam transisi menuju itu dan mudah-mudahan dalam waktu dekat OJK akan punya departemen statistik dan dokumentasi," ucap Muliaman.

(Baca: OJK: Penguatan Kinerja Pasar Modal Indonesia Bukan Hadiah Perekonomian Global )

Kompas TV OJK Bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com