Pengusaha Pipa Rokok Ini Tidak Takut "Gulung Tikar" meski Harga Rokok Rp 50.000

Kompas.com - 01/09/2016, 10:30 WIB
Stan once Nurhaidi dalam Semen Indonesia Expo 2016, yang tetap ramai dikunjungi orang. Kontributor Gresik, Hamzah ArfahStan once Nurhaidi dalam Semen Indonesia Expo 2016, yang tetap ramai dikunjungi orang.
|
EditorAprillia Ika

GRESIK, KOMPAS.com – Bagi pecandu perokok, once adalah bagian yang tidak terpisahkan. Karena once atau pipa rokok, diyakini bakal membuat cita rasa rokok kala dihisap, semakin bertambah nikmat.

Namun saat harga rokok ditengarai bakal naik menjadi Rp 50.000 per bungkus, karena kebijakan pemerintah untuk menaikkan cukai rokok, Nurhaidi Faqih (46) yang merupakan pengerajin once, tidak takut jika usaha yang digelutinya bakal gulung tikar.

“Untuk awal-awal penerapan kebijakan itu, pasti sedikit akan berimbas kepada penjualan once. Namun itu saya prediksi tidak berlangsung lama, karena saya yakin para pecandu rokok dan penggemar once khususnya, tetap akan berburu once,” tutur Nurhaidi, Rabu (31/8/2016).

Menurut dia, penggemar once, bukan sekedar pecandu rokok saja, tapi lebih dari itu. Mereka itu kelompok khusus, yang memang menginginkan kenikmatan cita rasa dalam menghisap per batang rokok.

Saat ini, pemerintah memang tengah menggodok dan terus berkonsultasi dengan berbagai pihak, untuk menaikkan cukai rokok. Di mana ada kemungkinan, satu bungkus rokok bakal seharga Rp 50.000 atau malah lebih.

“Meski harga rokok naik, saya yakin para pecandu rokok tidak akan berhenti begitu saja dari aktivitas merokoknya. Hanya mungkin intensitasnya bakal dikurangi,” ujar Nurhaidi.

Dengan kondisi tersebut, Nurhaidi optimistis, kondisi kenaikan harga rokok yang saat ini sedang dalam kajian pemerintah, tidak akan membuat usaha yang digelutinya dalam beberapa tahun terakhir tersebut bakal gulung tikar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Namun sebagai pelaku usaha di dunia yang berhubungan dengan rokok, saya tetap berharap, pemerintah dapat mengkaji secara matang kenaikan itu. Karena tidak saja pengerajin once, tapi semua bidang usaha yang berhubungan dengan rokok pasti akan terimbas,” kata Nurhaidi.

Bersama dengan para mitra binaan Semen Indonesia yang lain, usaha Nurhaidi turut serta memamerkan hasil kerajinannya dalam Semen Indonesia Expo 2016, yang telah berlangsung mulai Selasa (30/8/2016) hingga 3 September 2016 mendatang. Di mana agenda ini, dipusatkan di Wisma Ahmad Yani, Gresik.

Kompas TV Komisi XI: Kami Tidak Akan Matikan Industri Rokok â?? Satu Meja
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.