Balik dari AS, Bupati Lamongan Langsung Canangkan Pertanian Jagung Modern

Kompas.com - 05/09/2016, 13:06 WIB
Bupati Lamongan Fadeli (tiga dari kanan) berhasrat buka pertanian jagung modern di Kabupaten Lamongan. Kontributor Gresik, Hamzah ArfahBupati Lamongan Fadeli (tiga dari kanan) berhasrat buka pertanian jagung modern di Kabupaten Lamongan.
|
EditorAprillia Ika

LAMONGAN, KOMPAS.com –Bupati Lamongan Fadeli langsung mencanangkan upaya penanaman jagung secara modern, setelah pulang dari ajang Farm Progress Show 2016 di Boone, negara bagian Iowa, Amerika Serikat (AS).

Penanaman jagung modern ini merupakan terobosan untuk memakmurkan petani di wilayahnya.

Farm Progress Show 2016 dihelat pada rentang 30 Agustus hingga 1 September 2016. Pulang dari AS, Bupati Fadeli langsung melakukan pencanangan peningkatan produktivitas jagung, dari 5,5 ton per hektar menjadi 10 ton per hektar.

Pemerintah Kabupaten Lamongan bahkan bersiap membuka kawasan percontohan pertanian jagung modern, dengan skala kawasan seluas 100 hektar.

“Kami sudah melihat secara langsung, empat lahan pertanian komoditas jagung, kedelai, dan lahan integrasi jagung dengan peternakan, yang sudah menerapkan teknologi canggih selama di Farm Progress Show 2016 kemarin,” ujar Fadeli, Senin (5/9/2016).

Menemani rombongan, hadir peneliti dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pertanian RI Achmad Rachman. Di mana dalam rangkaian agenda tersebut, mereka tidak hanya mengunjungi sentra teknologi pertanian, namun juga sempat berkomunikasi dengan pemangku kebijakan setempat.

“Dengan penerapan teknologi itu, membuat mereka mampu mencapai produktivitas jagung 11 ton-16 ton per hektar, dengan efisiensi mencapai 40 persen. Inilah yang akan kami bagi kepada para petani di Lamongan ke depan, demi kesejahteraan para petani,” jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di AS, rombongan Pemkab Lamongan diterima secara khusus oleh Duta Besar Indonesia untuk AS di Washington DC, Budi Bowoleksono. Bersama Budi, rombongan menyempatkan diri mengunjungi Iowa State University, dan produsen benih jagung Pioneer.

“Saat mengunjungi sejumlah sentra pertanian modern di Amerika Serikat kemarin, rombongan dipandu langsung oleh Rindayuni Triavini, selaku atase pertanian KBRI di Washington DC,” beber Fadeli.

Fadeli pun mengungkapkan, salah satu pihak yang ingi menjalin kemitraan dengan konsep pertanian jagung modern yang bakal dilaksanakan oleh Pemkab Lamongan adalah CropLife International.

CropLife International adalah asosiasi internasional yang berbasis di Brussels, Belgia, dan bergerak di bidang teknologi pertanian.

Kompas TV Mendag dan Menpan Blusukan ke Pasar
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.