Arab Saudi dan Rusia Capai Kesepakatan, Harga Minyak Dunia Terangkat

Kompas.com - 06/09/2016, 10:10 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com - Harga minyak dunia pada Senin (5/9/2016) waktu setempat mengalami peningkatan sebesar 5 persen.

Hal ini sejalan dengan dicapainya kesepakatan antara Arab Saudi dan Rusia. Keduanya produsen minyak utama dunia, untuk menstabilkan pasar minyak global.

Menteri Energi Arab Saudi Khaled Al-Falih dan Menteri Energi Rusia Alexander Novak saling bertemu dan berdiskusi di sela-sela pertemuan G20 di Hangzhou, China. Keduanya sepakat untuk sama-sama bertindak dalam menstabilkan harga minyak.

Sebagai reaksi atas pertemuan tersebut, acuan harga minyak Eropa North Sea Brent ditutup menguat pada level 49,40 dollar AS per barrel. Sementara itu, acuan harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup menguat pada level 46,53 dollar AS per barrel.

Dalam diskusi, keduanya menyoroti pentingnya dialog yang bersifat konstruktif dan kerja sama yang erat di antara negara-negara produsen minyak terbesar. Dengan demikian, stabilitas pada pasar minyak global dapat terwujud.

Kedua menteri sepakat untuk sama-sama bertindak atau bekerja sama dengan produsen-produsen minyak lainnya. Keduanya juga sepakat membentuk kelompok monitoring bersama untuk memberikan rekomendasi guna mencegah fluktuasi harga.

Menurut Novak, kesepakatan ini adalah era baru kerja sama antara Rusia dengan Arab Saudi. Ia menegaskan bahwa kesepakatan ini memiliki dampak yang signifikan dan kritikal. Meskipun demikian, tidak ada perincian terkait kesepakatan untuk menahan produksi minyak pada level saat ini.

Padahal, dalam beberapa pekan mendatang Rusia dan 13 negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan mengadakan pertemuan di Aljazair guna mendiskusikan melimpahnya pasokan minyak dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.