Terpilih Jadi Bank Penyalur KUR, BCA Mengaku Masih Ingin Belajar

Kompas.com - 06/09/2016, 11:36 WIB
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Senin (20/6/2016). Sakina Rakhma Diah Setiawan/Kompas.comPresiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja di Jakarta, Senin (20/6/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk baru saja resmi ditunjuk sebagai salah satu lembaga keuangan penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Dengan perannya yang baru sebagai penyalur KUR, perseroan mengaku belum mau memasang target terlampau tinggi.

"Ya, benar (sudah ditunjuk sebagai bank penyalur KUR)," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (5/9/2016) malam.

Jahja mengakui, saat ini pihaknya belum bisa memaparkan strategi yang bakal dilakukan perseroan dalam menyalurkan KUR. Selain itu, target penyaluran KUR secara pasti pun belum bisa dipaparkan.

Pasalnya, saat ini perseroan masih dalam tahap awal dan merupakan pemain baru dalam penyaluran KUR. Dengan demikian, imbuh Jahja, perseroan masih ingin banyak belajar.

"Kami masih dalam proses belajar untuk melepas KUR," ungkap Jahja.

Penyaluran KUR oleh BCA akan dilakukan dalam waktu dekat. Adapun untuk tahap awal, perseroan akan menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp 500 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 12 bank ditunjuk secara resmi oleh Kemenkop UKM sebagai penyalur KUR. Lembaga keuangan tersebut antara lain BCA, Bank Permata, Bank Sinarmas, BPD Kalbar, BPD NTT, BRI Agroniaga, Bank Jabar Banten, BPD Kalsel, BPD Jambi, BPD Papua, Adira Finance, dan Mega Central Finance.

Dengan adanya penambahan 12 bank dan IKNB (Industri Keuangan Non Bank) penyalur KUR, maka diharapkan percepatan penyaluran dengan target antara Rp 100 triliun hingga Rp 120 triliun dapat segera tercapai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.