Agar Investor Tertarik, Bagi Hasil Migas Dikaji Lebih Fleksibel

Kompas.com - 06/09/2016, 13:38 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman, Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan di Nusa Dua Bali, pada Rabu (24/8/2016). Estu Suryowati/Kompas.comMenteri Koordinator Kemaritiman, Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan di Nusa Dua Bali, pada Rabu (24/8/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah mengkaji perubahan besaran bagi hasil (production sharing) eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) menjadi lebih fleksibel.

Diharapkan revisi beleid tersebut akan membuat investor menjadi semakin tertarik berinvestasi di usaha hulu migas di Indonesia.

Kajian revisi beleid tersebut akan dilakukan oleh kelompok kerja (pokja) pemerintah yang terdiri dari antara lain, Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM dan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan.

"Detilnya akan mulai dibicarakan hari ini. Jumat sudah selesai," kata Luhut ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Luhut mengatakan, kajian perubahan production sharing ini menjadi bagian dari perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 79 tahun 2010 tentang Biaya Operasi yang Dapat Dikembalikan dan Perlakuan Pajak Penghasilan di Bidang Usaha Hulu Migas.

Sementara itu, ketika ditanya berapa pertumbuhan sektor migas dengan adanya perubahan beleid tersebut, Luhut menegakan hal itu masih dalam perhitungan tim pokja.

"(Investasi) Tentu akan lebih banyak, apalagi kalau menarik bagi investor, seperti production sharing tidak mesti 85:15, tetapi bisa saja turun ke 60:40," ucap Luhut.

Kompas TV Komitmen Investasi Meroket Hingga 167%
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.