Kompas.com - 07/09/2016, 17:34 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Dok KemenperinMenteri Perindustrian Airlangga Hartarto.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengupayakan harga gas murah di kawasan industri agar lebih berdaya saing jika dibandingkan dengan negara tetangga.

Menurut dia, akan ada 10 sektor plus kawasan industri yang diajukan untuk dapat harga gas murah.

"Hal itu sudah masuk dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang sudah dirapatkan dengan Presiden," kata Airlangga usai rapat dengan Dewan Energi Nasional di Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Airlangga memaparkan, dalam RUEN disebutkan bahwa harga gas merupakan modal pembangunan. Selain itu, harga gas sebagai modal dasar multiplier effect dan harga gas untuk pengembangan wilayah atau pemerataan ekonomi.

Dengan demikian, lanjut Airlangga, pengajuan harga gas yang berdaya saing untuk kawasan industri termasuk dalam butir RUEN yang menyebutkan harga gas untuk pengembangan wilayah dan pemerataan ekonomi.

"Jadi, itu apa yang diminta Kemenperin sudah ada butirannya di dalam Rencana Umum Energi Nasional," tegas Airlangga.

Airlangga menambahkan, semua industri yang beroperasi di dalam kawasan kelak diharapkan mendapatkan harga gas yang bersaing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, terkait industri yang menyediakan energi listrik sendiri dalam operasionalnya, Airlangga juga akan meminta harga listrik yang lebih berdaya saing.

"Tentunya kalau yang berbasis gas, kami mengharapkan harga listriknya juga mampu bersaing. Karena infrastruktur energi itu kan gas dan listrik," ujar dia.

Namun, Airlangga masih belum dapat memastikan tentang besaran harga gas yang diajukan, karena masih menunggu pembahasan selanjutnya.

Kompas TV Ribuan Buruh Karawang Blokade Kawasan Industri
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ANTARA
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.