Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Agustus, BCA Tampung Rp 3 Triliun Dana "Tax Amnesty"

Kompas.com - 07/09/2016, 19:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk menjadi salah satu bank yang ditunjuk pemerintah sebagai bank persepsi yang menampung dana dari program pengampunan pajak alias tax amnesty.

Hingga akhir Agustus 2016 lalu, BCA telah mengumpulkan dana mencapai sekitar Rp 3 triliun dari program tersebut.

Menurut Wakil Presiden Direktur BCA Armand W Hartono, dana program amesti pajak yang telah ditampung BCA tersebut cukup besar. Akan tetapi, dana tersebut masih berupa dana tebusan.

"Pokoknya besar, seingat saya dana tebusan di sekitar Rp 3 triliun," kata Armand kepada wartawan di Gandaria City, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Armand menyebutkan, dana repatriasi pengampunan pajak yang ditampung BCA belum besar jumlahnya. Pasalnya, masih banyak wajib pajak yang menunggu hingga akhir 2016 untuk memulangkan dananya ke Tanah Air.

Meskipun demikian, Armand tidak menyebut secara pasti mengenai jumlah dana repatriasi yang telah ditampung oleh perseroan. Akan tetapi, perseroan tetap yakin dana dalam jumlah besar akan masuk.

"Kalau dana repatriasi belum besar. Masih sampai akhir tahun," ungkapnya singkat.

Armand memandang, sejauh ini animo nasabah BCA terkait program pengampunan pajak cukup besar dan baik.

Hal ini bisa terlihat dari penuhnya nasabah yang mendatangi beberapa kegiatan sosialisasi pengampunan pajak yang diselenggarakan BCA.

"Sejauh ini kalau waktu sosialisasi penuh terus, jadi saya rasa animonya sangat tinggi. Mereka serius berpikir, kalau ikut aman atau tidak, mereka bertanyanya itu," tutur Armand.

Hingga pertengahan bulan Agustus 2016 lalu, BCA telah menerima dana tebusan dari peserta amnesti pajak sebesar Rp 450 miliar.

Kompas TV Tax Amnesty (Masih) Gagal Capai Target

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com