Peternak: Pasokan Sapi Kurban Idul Adha Aman, Harga Tak Melonjak

Kompas.com - 08/09/2016, 11:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban sapi dan kambing atau domba. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan budaya berkurban saat Hari Raya Idul Adha datang, momen idul adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi peternak dan pedagang hewan kurban.

Ketua Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Teguh Boediyana menjelaskan, dengan hadirnya Idul Adha maka akan berdampak pada peningkatan permintaan hewan kurban, untuk tahun ini suplai hewan kurban berjalan aman.

"Pasokan aman sekali, sapi-sapi yang memang memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban sudah disiapkan jauh-jauh hari. Kenaikan harga yang cukup signifikan kalau hari biasa hanya Rp 40.000 per kilogram hidup, kalau Idul Adha bisa Rp 60.000 kilogram berat sapi hidup," ujar Teguh kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2016).

Dia menambahkan, untuk harga tahun ini terpantau ada kenaikan harga tetapi tidak mengalami lonjakan yang begitu tinggi sebab sapi yang disiapkan adalah sapi lokal. "Karena sapi bakalan impor dikebiri tidak bisa untuk kurban," paparnya.

Teguh mengungkapkan, terkait harga yang banyak ditawarkan kepada konsumen adalah Rp 18 juta hingga Rp 20 juta per sapi. Nilai tersebut setara dengan tujuh ekor kambing.

"Umumnya sapi yang beratnya sekitar 300 sampai 325 kilogram itu yang paling banyak dicari, karena sapi-sapi yang ideal seperti itu karena sudah memenuhi syarat untuk dipotong," jelas Teguh.

Kompas TV Jelang Idul Adha, Permintaan Sapi Limosin Meningkat
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.