Sri Mulyani Klaim Pemangkasan Anggaran Tak Ganggu Tugas Kementerian, Lembaga, dan Pemda

Kompas.com - 13/09/2016, 12:25 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Ketua OJK Muliaman Hadad, dan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi Antara/Novrian ArbiPresiden Jokowi bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, Ketua OJK Muliaman Hadad, dan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani telah memutuskan untuk memangkas belanja dalam APBN-P 2016 sebesar Rp 137 triliun.

Meski begitu ia yakin kinerja kementerian, lembaga, hingga Pemerintah Daerah (Pemda) tidak akan terganggu.

"Pemotongan anggaran tidak akan mengganggu tugas dan fungsi mereka termasuk target-taget tahun ini," ujar perempuan yang kerap disapa Ani itu di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Kemenkeu, kata Ani, akan terus berkomunikasi dengan kementerian, lembaga, dan Pemda terkait kondisi keuangan negara dan terbatasnya penerimaan negara pada 2016.

Kedua kondisi itu pula yang membuat pemerintah harus melakukan penghematan belanja. Ia meminta kementerian, lembaga, dan Pemda untuk menggunakan anggaran yang ada secara efisien tetapi tetap tidak menganggu program-program prioritas pemerintah.

"Kami menyerahkan kepada seluruh instansi-instansi untuk melakukan prioritas dari sisi belanja," kata Ani.

Seperti diketahui, pemangkasan anggaran dalam APBNP 2016 mencapai Rp 137,6 triliun. Angka tersebut naik Rp 4,6 triliun dari angka yang sempat disebutkan belum lama ini yakni sebesar Rp 133 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemangkasan anggaran itu terdiri dari penghematan pemerintah pusat yakni belanja Kementerian dan lembaga sebesar Rp 64,7 triliun. Adapun sisanya merupakan penghematan dana transfer ke daerah Rp 70,1 triliun dan dana desa sebesar Rp 2,8 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.