Pengoperasian Terminal Peti Kemas Kalibaru Akan Perkuat Rantai Logistik Indonesia

Kompas.com - 13/09/2016, 16:50 WIB
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal Peti Kemas Kalibaru, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, telah resmi beroperasi. Pengoperasian itu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (13/9/2016).

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) Elvyn G Massaya mengatakan, terminal tersebut dapat memperlancar arus barang dalam perdagangan domestik dan internasional.

Terminal Peti Kemas Kalibaru memiliki lahan seluas 32 hektar dengan total panjang dermaga sepanjang 800 meter dan kedalaman air 20 meter sehingga dapat melayani kapal peti kemas dengan kapasitas 13.000-15.000 TEUs (Twenty Foot Equivalent Units).

"Terminal Peti Kemas Kalibaru juga dapat memperkuat rantai logistik Indonesia dan dunia serta mampu memperkuat daya saing dan perdagangan Indonesia di kancah dunia," ujar Elvyn dalam pidatonya di Terminal Peti Kemas Kalibaru, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Dia menuturkan, terminal peti kemas tersebut juga akan menambah kapasitas barang di Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 1,5 juta TEUs per tahun.

Saat ini, total kapasitas barang dapat yang ditampung di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Priok sebenyak 7 juta TEUs.

"Dalam jangka panjang, kapasitas total Pelabuhan Tanjung Priok akan bertambah sebesar 11,5 juta TEUs per tahun setelah keseluruhan terminal terbangun," ucap dia.

Dia mengungkapkan, Terminal Peti Kemas Kalibaru merupakan terminal peti kemas pertama dalam pembangunan Fase IA Terminal New Priok yang terdiri atas tiga terminal peti kemas dan dua terminal produk.

Pembangunan Fase 2, kata dia, akan dilaksanakan seteIah pengoperasian Fase 1 Terminal Kalibaru.

"Ketika keseluruhan proyek telah seIesai, di Pelabuhan Tanjung Priok akan ada total tujuh terminal peti kemas dan dua terminal produk dengan area pendukungnya yang memiIiki total area 411 hektar," pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.