Tiga UKM Indonesia Unjuk Gigi di Pameran GLEE di Birmingham Inggris

Kompas.com - 13/09/2016, 17:56 WIB
Partisipasi Indonesia di Pameran Dagang GLEE Birmingham Dok KBRI LondonPartisipasi Indonesia di Pameran Dagang GLEE Birmingham
EditorM Fajar Marta

LONDON, KOMPAS.com - Di penghujung musim panas di Inggris, KBRI London bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI berpartisipasi dalam pameran Garden and Leisure Exhibition (GLEE) di Birmingham pada tanggal 12-14 September 2016.

GLEE merupakan ajang pameran tahunan yang menampilkan produk-pruduk terkait pertamanan dan mebel.

Tiga UKM dari Indonesia mengisi Paviliun Indonesia yaitu Indomop dari  Tangerang Selatan yang memproduksi alat-alat kebersihan, Aninda Furniture dari Solo yang memproduksi mebel dan patung dari kayu, dan Yuka Stone Art dari Yogyakarta yang memproduksi lampu-lampu taman dari batu alam.

“Ini merupakan partisipasi Indomop dalam ajang pameran di Inggris yang pertama kalinya. Saya berharap melalui partisipasi ini kami dapat memperluas pasar ekspor produk-produk alat kebersihan seperti sapu lantai, sapu halaman, sikat, penyapu air, ke pasar Eropa. Saya tidak menyangka responnya cukup positif, tidak hanya ada beberapa minat dari perusahaan Inggris, namun juga negara lain yang rupanya juga menghadiri pameran ini.” ungkap Agus Sidjoatmojo dari Indomop.

Respon positif terhadap produk Indonesia bahkan juga datang dari para peserta pameran lainnya.

Ketika Paviliun Indonesia baru selesai ditata, beberapa peserta pameran lainnya datang ke Paviliun Indonesia dan berkeinginan membeli produk-produk Indonesia tersebut.

James Carter dari perusahaan Pines and Needles yang menjual produk tanaman langsung misalnya, tertarik membeli produk kursi dan meja dari perusahaan Aninda Furniture  karena terbuat dari dahan dan akar pohon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami memanfaatkan limbah kayu sehingga dahan dan akar kayu kami buat menjadi kursi dan meja yang unik. Seperti para pelanggan kami sebelumnya dari Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab, ternyata respon dari peserta dan pengunjung di GLEE juga bagus sekali. Mungkin karena desain produk kami yang cukup unik dengan memanfaatkan bagian-bagian kayu yang selama ini tidak terpakai.” Ujar Byp Mukhsen dari Aninda Furniture.

“Konsumen Inggris pada umumnya menyukai produk-produk yang bersifat natural. Sehingga ketika mereka melihat kursi yang dibuat dari dahan atau akar pohon atau juga sapu lidi seperti yang dipakai dalam film Harry Potter atau juga produk lampu taman dari batu alam, mereka sangat tertarik.” ungkap Hastin Dumadi, Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI London.

Melalui ajang ini, KBRI London juga terus berupaya menarik para calon buyers untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia yang akan diselenggarakan di Jakarta bulan Oktober 2016.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.