Kompas.com - 14/09/2016, 18:14 WIB
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara KOMPAS.com/Sabrina AsrilDeputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) menyatakan, ruang pelonggaran kebijakan moneter masih terbuka.

Akan tetapi, langkah dalam melakukan pelonggaran kebijakan moneter tersebut sangat bergantung pada data-data perekonomian domestik maupun global dalam waktu dekat.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menjelaskan, pernyataan bank sentral terkait pelonggaran kebijakan moneter telah dinyatakan dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI bulan lalu.

Namun demikian, bank sentral masih akan memantau data-data yang ada dan yang akan dirilis kemudian.

“Data itu macam-macam, misalnya data inflasi, data current accunt deficit (defisit transaksi berjalan), data fiskal,” kata Mirza di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Selain memantau data perekonomian domestik, Mirza menuturkan bank sentral juga akan memantau data-data perekonomian global.

Ia menjelaskan, data tersebut antara lain tren suku bunga acuan AS, data perekonomian Cina, serta data depresiasi mata uang yuan China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Secara umum Bank Indonesia melihat masih ada ruang pelonggaran kebijakan ke depan. Melihat angka-angka makro,” tutur Mirza.

Meskipun demikian, Mirza tidak menjelaskan secara terperinci bentuk pelonggaran kebijakan moneter yang akan diambil oleh bank sentral.

Ia hanya mengungkapkan, pelonggaran kebijakan moneter bisa bermacam-macam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.