Ketidakpastian Peningkatan Suku Bunga The Fed Membebani IHSG

Kompas.com - 15/09/2016, 11:46 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Research Analyst FXTM, Lukman Otunuga mengatakan, saham global semakin tergelincir pada pekan ini setelah harga minyak merosot tajam. Saham Asia pada penutupan perdagangan kemarin contohnya, diakhiri dengan hasil yang kurang menggembirakan.

Sebagian besar saham anjlok ke level terendah karena pasar semakin pesimis akan keefektifan upaya bank-bank sentral besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Saham Asia tertekan pada perdagangan kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga melemah mendekati 5.146.00 karena ketidakpastian peningkatan suku bunga federal reserve sangat mengganggu sentimen risiko," ujar Lukman kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2016).

Pasar Eropa juga kata Lukman terbebani oleh ketidakpastian langkah Fed di tahun 2016 dan Wall Street memasuki teritori bearish karena ketidakpastian ini membuat investor menghindari aset berisiko.

Menurut Lukman, pasar modal selama ini jelas terbantu oleh harapan intervensi bank sentral dalam mengatasi gejolak finansial, dan peningkatan spekulatif harga minyak memperbaiki sentimen risiko untuk sementara saja.

Pasar masih mengkhawatirkan kondisi ekonomi global dan ketidakpastian semakin tinggi menjelang pemilu AS. Karena itu, tren berpotensi menjadi bearish.

"Karena bank sentral sangat berhati-hati dalam mengambil langkah saat ini, kegelisahan pasar pun meningkat dan pemicu tak terduga bisa saja mengakibatkan aksi jual besar-besaran di pasar modal." pungkas Lukman.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.