Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos BCA: Generasi Muda kalau Ingin Sukses Jangan "Copy Paste"

Kompas.com - 19/09/2016, 17:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri kreatif yang kini menjamur di Indonesia umumnya dikelola oleh anak-anak muda yang memiliki semangat tinggi untuk maju.

Tidak heran jika akhir-akhir ini banyak industri kreatif yang sedikitnya telah menjawab berbagai kebutuhan masyarakat mulai dari industri kreatif yang bergerak di sektor transportasi, pariwisata, kuliner, dan lainnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perkembangan ekonomi kreatif menunjukkan gambaran yang positif. Sektor ini tumbuh 5,76 persen atau di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,74 persen dengan nilai tambah sebesar Rp 641,8 triliun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, generasi muda jangan puas dengan hasil yang didapatkannya saat ini. Kreativitas pun harus terus ditambah untuk menciptakan produk-produk baru.

"Kalau mau jadi anak muda yang sukses dan berhasil jangan hanya copy paste," ujar Jahja di Jakarta, Senin (19/9/2016).

Menurut Jahja, generasi muda yang gemar menciptakan produk-produk kreatif harus terus melakukan terobosan baru agar masyarakat tidak bosan dengan produk yang ada saat ini.

"Harus think out of the box, harus menciptakan kreativitas yang baru yang memiliki value," ucap Jahja.

Jika melihat perkembangan yang ada, dengan dukungan dari sosial media yang sudah sangat canggih dan mudah diakses saat ini, semestinya industri kreatif tumbuh lebih cepat.

"Kreativitas di Indonesia ini harusnya berkembang pesat karena sudah didukung oleh sosial media yang pergerakannya sangat cepat," tambah Jahja.

Selain itu, Jahja juga menuturkan, masyarakat jangan terlalu mudah untuk menilai produk kreatif yang dihasilkan anak bangsa sebagai produk yang kurang bagus.

"Kita tidak boleh sinis terhadap suatu penemuan, tetapi kita harus lihat peluang-peluang yang ada dan sisi positifnya," tutup Jahja.

Kompas TV MPR Menyapa: Derasnya Arus Globalisasi Menjadi Tantangan Generasi Muda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com