Mantan Bos Toyota Astra Berkomitmen Ikut "Tax Amnesty"

Kompas.com - 20/09/2016, 14:38 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan mengatakan, dirinya berkomitmen untuk mengikuti program pengampuan pajak atau tax amnesty. Dia masih mengkaji persyaratan untuk mengikuti program pemerintah tersebut.

“Ya harus dong (ikut tax amnesty). Saya komit,” kata Johnny di sela-sela Rakornas Kadin Indonesia Bidang Perindustrian dan Bidang Perdagangan, Jakarta,Selasa (20/9/2016).

Johnny mengaku aset yang dimilikinya tidaklah banyak. Namun demikian, ia menargetkan mengikuti program tax amnesty termin pertama, yang berakhir September ini.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian itu menambahkan, semua orang pastinya berlomba-lomba untuk bisa mengikuti tax amnesty termin pertama. Sebab, tarif tebusan untuk deklarasi maupun tarif repatriasi paling rendah.

“Tetapi masalah persiapan (dari calon peserta tax amnesty) ini tidak gampang,” kata Johnny.

Barangkali, kata dia, lebih mudah bagi mereka yang mengikuti program deklarasi. Namun, bagi yang ingin merepatriasi asetnya, tentu dibutuhkan waktu untuk konsolidasi.

Di lain pihak, imbuh Johnny, termin pertama tax amnesty boleh dibilang baru efektif berjalan pada Agustus. Sebab, pada bulan pertama, yaitu Juli, pemerintah masih sibuk menyiapkan aturan turunan serta sosialisasi program.

Kompas TV Inilah Konglomerat yang Ajukan Amnesti Pajak
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.