Wow, Miliarder Ini Rogoh Lebih dari Rp 6,5 Triliun untuk Bantu Pengungsi

Kompas.com - 20/09/2016, 18:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Miliarder George Soros telah menyatakan investasi sebesar 500 juta dollar AS atau lebih dari Rp 6,5 triliun guna membantu para migran dan pengungsi di seluruh dunia. Soros adalah pemilik Soros Fund Management yang memiliki valuasi sebesar 25 miliar dollar AS.

"Kami akan berinvestasi pada perusahaan rintisan, perusahaan yang sudah berdiri, gerakan berdampak sosial, dan bisnis-bisnis yang didirikan oleh para migran dan pengungsi sendiri. Investasi ini harus sukses," kata Soros seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (20/9/2016).

Investasi ini akan dimiliki oleh organisasi nirlaba Soros. Keuntungannya akan ditujukan kepada program pendanaan di Open Society Foundations, termasuk program yang memberi manfaat bagi para migran dan pengungsi.

Soros berencana bekerja sama dengan organisasi lainnya, termasuk Office of the United Nations High Commissioner for Refugees dan International Rescue Committee.

Kerja sama ini dimaksudkan untuk membentuk prinsip investasi yang sesuai untuk inisiatif yang telah disebutkan.

Menurut data UNHCR, saat ini setidaknya 65,3 juta orang di seluruh dunia terpaksa dipindahkan lokasinya. Sebanyak 21,3 juta di antaranya adalah pengungsi dan 10 juta orang tak berkewarganegaraan alias stateless.

Hampir separuh pengungsi di dunia melarikan diri dari konflik di Suriah, Afganistan, dan Somalia.

Filippo Grandi selaku United Nations High Commissioner for Refugees menyatakan, pihaknya mendukung upaya Soros untuk berinvestasi guna membantu para pengungsi agar dapat berdikari sekaligus membantu komunitas yang telah menampung pengungsi.

"Pengungsi butuh akses finansial dan layanan hukum, pendidikan, dan kesempatan kerja," ungkap Grandi.

Soros adalah pendiri dan pimpinan Open Society Foundations, jaringan yayasan yang mendukung berbagai isu seperti pendidikan, hak asasi manusia, migrasi, serta kesehatan. Open Society Foundations kini memiliki 40 kantor perwakilan di seluruh dunia.

Kompas TV Dunia Berkomitmen Atasi Krisis Pengungsi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.